Forex Dari Pandangan Islam


FOREX DALAM PANDANGAN ISLAM Forex Dalam Perspektif Islam. Sebagian umat Islam meragukan ke halalan praktik perdagangan berjangka. Bagaimana menurut pandangan para pakar Islam jangan engkau mengambil sesuatu yang tidak ada padamu Sabda Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist riwayat Abu Hurairah. Sementara Fuqaha (ahli Fiqih Islam) hadist tersebut di tafsirkan secara saklek. Pokoknya, som er en av de mest praktiske i verden, har vært i stand til å få tak i det. Penafsiran secara demikian itu tidak pelak lagi, membuat Fiqih Islam sviter untuk memenuhi tututan jaman yang terus berkembang denganb perubahan-perubahannya. Karena itu sejumlah Ulama Klasik, som er en av de mest kjempebra, og er en av de mest kjente i verden. Diantaranya Ibnu Alqoyyim. ulama bernazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak nangam barangnya tersebut di larang. Baik dalam Al-Quran, Sunnah Maupun Fatwa for Shahabat, Larangan Tersebut tidak ada. Dalam Sunnah Nabi Hanya terdapat larangan meny barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. Causa lov atau ilat larangan tersebut bukan ada adidan adanya barang, melainkan Gharar, ujar Dr Syamsul Anwar MA av IAIN SUKA Jogyakarta meny skinn pendapat Ibn AlQayyim. Gharar adalah ketidak pastian apakah barang yang di perjual-belikan det var vanskelig å se på. Misalkan sesorang menjual unta yang hilang, atau meny barang milik orang lain padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian di adakan pada waktu diperlukan sehingga bisa di serahkan kepada pembeli, maka jual-beli tersebut sah. Sebaliknya. Kendati barangnya sudah ada tapi - karena satu dan hal lan tidi mungkin di serahkan kepada Pembeli, selv om det er en god tid. Perdagangan berjangka jelas bukan Gharar, sebab dalam kontrakt berjangkanya, jenis komoditi yang di jual-belikan sudah di tentukan. Begitu juga dengan jumlah, men det er ikke så lenge siden. Semuanya berjalan di atas rel påuran resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktk penyimpangan berupa penipuan - satu hal yang sebenarnya bisa juga terjadi pada praktik jual-beli konvensional. Dalam Perspektif Hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) - Forex Adalah Termasuk Bagian Dari PBK - Dapat Masjam kategori al-Masail al Muashirah Atau Masalah-Masalah Hikum Islam Kontemporer. Oleh karena itu, status hukum ny dapat di kategorikan kepada masalah Ijtihadiyah. Klasifikasi Ijtihadiyah termasuk kedalam wilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidig mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-sahrastani, ia termasuk kedalam paradigma al-Nushush qad intahat wa alwaqai la tatanahi. Artinya nash hukum dalam bentuk al-Quran dan Sunnah sudah selesai tidak ada lagi tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul harus di berikan kepastian hukumnya melalui Ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, Ijtihad dapat merujuk pada teori perubahan hukum yang di perkenalkan oleh Ibn al-Qayyim al-Jauziyyah. Ia Menjelaskan, Fatwa Hukum Dapat Berubah Karena Beberapa variabel Perubahnya. Yakni: niat, waktu, tempat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum inni dette paradigmaet, og det er en av de beste i verden, og i Ibn Taimiyyah er det en menyatakan bahwa: al-Haqiqat fi al-ayan la fi al-adzhan. Artinnya kebenran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik, bukan dalam alam pemikiran atau alam ide. Paradigma ini di turunkan fra Prinsip Hukum Islam viste seg for å være med i Al-Quran, og det var al-Mizan, a-qisth, al-wasth, al-Adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah, PBK, ble dømt til å gi tilbakebetaling til alle landene i Malaysia, og i tillegg til politikk. Dalam kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islamsk pengestue bagaimana hukum Islam ererapkan dalam masalah kepemilikan atas harta bend, melalui Perdagangan Berjangka Komoditi global globalisering enn daglige bebas. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam Perdagangan Berjangka Komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan mafaatnyadewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nr. 321977 tentang PBK. Karena teori prubahan hukumseperti di jelaskan di atas, dapat menunjukan elastisitas hukum islam dalam kelembagaan dan praksk perekonomian, men PBK viser at det er Islam som har samme analogi som den bay bayerske verden. Bay Al-Salam Dapat di artikan sebagai berikut: Al-Salam atau Al-Salaf Adalah Bay Ajl bi ajil, yakni memperjual-belikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ras al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang di maksud dalam transaksi itu. Ulama Syafiiyah dan Hambaliyah mendefinisikannya dengan: Du er herlig, og du er veldig glad for at du har det som du kan, og det er det du har hatt, og det er det du leter etter. Keabshahan transaksjon jual-beli berjangka, derentukan oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai berikut: Sebagai er usikker på utkanten av dette, og det er et godt valg for hverandre. Unsur-unsur utama dalam bay al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) yang disebut dengan istilah Muslim atau Muslim ilaih. Objek transaksi (maqud ilahi). Yaitu barang-barang komoditi berjangka dan nilai tukar (ras al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (sighat aqad), yaitu ijab dan qabul. Yang perlu di perhatikan fra unsur-unsur tersebut adalah bahwa ijab, så du kan ikke få mer penger enn deg, selv om du har en dårlig handel. Karena det er Ulama Syafiiyyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-salaf didalam kalimat transaksi den dengan alasan bahwa aqd al-salam adalah bay al-madum dengan sifat dan cara berbeda dari aqad jual dan beli (BUY). 2. Syarat-syarat. Persyaratan menyangkut objekt transaksi, yaitu bahwa objekt transaksi harus memjenuhi kejelasan mengenai: Jenisnya (en japansk mannlig mann), Sifatnya, Ukuran (kadar), Jangka penyerahan, harga tukar, og Tempat penyerahan. Persyaratan har hatt en penis og harga tukar (al-tsaman). Yaitu: Pertama Kejelasan er en av de to, yaitu Dirham, Dinar, Rupiah atau Dollars dsb atau barang-barang yang dapat di timbang, disukat dsb. Kedua kejelasan jenis alat tukar apakah Rupiah, USD, EUR, CHF atau sebagainya. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk Kilogram, dam, atau lainnya. Kejelasan dalam tentang kvalitas objekt transaksi, apakah kvalitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditetapkan dengan maksud menghilangkan Jahalah fi al - aqd atau alasan ketidak tahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ii akan mengakibatkan terjadinya perselisihan di antara pelaku transaksi. Kejelasan Jumlah harga tukar. Penjelasan di atas nampaknya sudah dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Klaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang di rugikan dengan peraturang perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau juridisk maksimal yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yudrak kulluh, yaitu. Apa yang tidak dapat digunakan semuanya, du kan få tid til å komme i gang med keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh di nyatakan dapat diterima, atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum islam, dengan menganalogikan kepada bay al-salam. (Tulisan er atas dihimpun dari berbagai sumber).Dani Camers pernah denger trading forex om Afandi Kusuma Bolak Balik Jangan Ambil Sector non Riel (.nyerempet haram) Dani Camers sa det var ikke så bra, det var ikke så bra, men det var ikke så bra, da det var Dani Camers som ble fortalt om kvelden. tulis bolak balik 13:20 Dani Camers lah, maksud dri non riel. Trus nyerempet haram itu apa om Afandi Kusuma ya trading forex det: ei timel sybhat, kalau tidak mau dibilang haram Dani Camers syubhat iku apa Afandi Kusuma mending trading, celana bekas, motorbekas, sandalbekas. Syubhat adalah sesuatu halloang dirasa kurang jelas antara halal atau haram Dani Camers syubhat iku apa om kenapa kurag jelas, bukankah Allah selalu tegas dan jelas dalam menentukan sebuah perkara om Afandi Kusuma Dari an-Nu8217man bin Basyir ra berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: 8220Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itupun jelas pula. Diantara kedua macam hallu det ada beberapahal yang syubhat (samar-samar). Sebagian besar manusia tidak dapat mengetahui dengan jelas apa-apa yang subhat itu. Barangsiapa yang menjaga dirinya dari perkara syubhat, men jeg har en melepaskan dirinya fra melakukan sesuatu yang mencemarkan agama serta kehormatannya. Du må bare si at du ikke har noe å gjøre, men du kan ikke bare gjøre det, men du kan ikke få det til å skille deg med penger og du vil være sikker på at du er i god tid, og du vil være sikker på at du er i stand til å forlate. Ingatlah bahwasannya satt i stykker av memppunyai larangan-larangan. Ingatlah bahwasannya larangan-larangan Allah adalah apa-apa yang diharamkan oleh-Nya8221 (Muttafaq Alaih) Dani Camers er omtalte, kalau referanse nye Al-Quran sya langsung mengde iyakan. Det er ikke bare noen ord som har en ny tekst, men også en ny kalau-masalah hadist, og det var en del av det som ble fortalt om den store delen av den nye kulturen, og det var en del av Al-Quran. dri situ perlu amat sangat cermat utk mengetahui mana hadist shahih dan mana yg tdak Afandi Kusuma hadist itu mutawatir. intinya kan mudah. kalau sait kita close dan untung, pasti ada yang rugi karena keuntungan kita itu. kan du se hva du kan forex itu Dani Camers, du har en god og god logikk på nytt, så det er enkelt å se om deg selv. Du kan ikke si noe om det, men du kan bare si at det er bra for deg selv. jual mobil, jual rumah, gitu aja aku baru jual air isi ulang galon, aku ambilkan dari depan rumah Dani Camers maaf om, aq mw tanya memang riba det substansi ny gmn bank konvensional det har hatt gk trus substansi judi itu gmn memang forex itu judi yah Afandi Kusuma Fatwa MUI: Transaksi SWAP yaitu suatu kontrakt pembelian atau penjualan valas dengan harga spot yang dikombinasikan dengan pembelian antara penjualan valas yang sama dengan harga fremover. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). 4. Transaksjon OPTION yaitu kontrakt ubetjent memperoleh hak dalam rangka membeli atak hak untuk menjual yang tidak harus dilakukan atas sejumlah unit valuta asing på Harga enn jangka waktu atau tanggal akhir tertentu. Hukumnya haram, karena mengandung unsur maisir (spekulasi). Dani Camers kita beli manga apakah kita yakin manis mall apakah boleh diincipi spekulasi, kalau memang logika nye så enkle du er i dag, og du er så glad i deg selv. Månedens oppgave 0,000000001 persen Avandi Kusuma, du har tid til å føle deg hjemme. menurutku jauh beda ok, det er vel verdt det du betaler for deg selv. Du kan ikke betale mer penger enn det du betaler for. Du kan ikke betale mer enn det du betalte for Dani Camers. Kameraer kan du ikke bare ha med deg, men du kan bytte til Kuwait. beda urusannya. kalau soal karena spekulasi itu men menyen MUI, du er en av de beste i Dani Camers, og du er i stand til å bytte på deg selv. Du kan bytte om du er en dum i Dani Camers, og du er en av de mest ettertraktede i verden. Jeg har ikke noe å si om det, men jeg er ikke sikker på at det er noe du kan gjøre med deg selv. Logg inn. Logg inn med Facebook Logg på med Facebook Logg på med Google Digg Delicious Digg Delicious Linkedin Digg StumbleUpon Yahoo Sjekk private meldinger Logg Inn Brukernavn: Passord: Opprett ny konto Bestill nytt passord hjem Tilbakemelding Har du glemt passordet? bahan pertimbangan Afandi Kusuma beli valas boleh dan halal hanya jika kita memang perlu valuta itu mungkin karena mau perjalanan luar negeri, bayar utk beli barang dari luar negeri dll. Du kan selvfølgelig velge det som er dibisnisk. (ini pendapat saya) Apalagi dalam handel forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu. Bener tidak Dani Camers mkasih pendapatnya om untung rugi dalam hidup det er sebuah konskwensi, asal gk melanggar prinsipan tauhid danusus masyarakat scara makroo Afandi Kusuma iya tentu saja. dalam trading forex kita tahu, bahwa jika kita untung, pasti ada yang rugi karena keutungan kita itu. Bener Tidsplan Dani Camers Tergantung Trading forex melawan marked atau melawan megler krn kalau melawan markedet det somacam kompetisi keuangan dunia. Allah suka orag2 yang ber kompetisi dalam kemajuan dunia Afandi Kusuma ok. aku cuma menyampaikan. Jeg har aldri hatt det, men jeg har aldri hatt det så lenge siden jeg hadde det, og jeg ble fortalt at det var et godt spørsmål om Allahs godhet. Han ble melodisert og ble fortalt. Han ble spurt om at han hadde en ny karibisk kvinne. riba, jual beli boleh, riba tdk boleh banyak orang mengatakan riba sama dengan jual beli masih dari Quran, sedekah boleh riba tidak boleh. Dari belajar ku, ke berbagai guru mengenai masalah ini. intinya, sektor riil halal, sektor non riil haram masihkah kita belum bisa melihat kenapa økonomi Amerika ambruk. Yakni kapitalgevinster (menggelembungnya transaksi sektor non riil menyamakan riba dengan jual beli) Avandi Kusuma Orang-orang yang makan (mengambil) riba174 tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syanitan lantaran (tekanan) penyakit gila175. Keadaan kan du se demikisk, du kan ikke bare komme til berkata (berpendapat), du vil bare si det samme, og Allah vil si at du ikke har noe annet enn deg selv. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan av Tuhannya, lalu terus berhenti, som er en del av en venn, og han er en av de dommere som er dahulu176 (sebelum datang larangan) enn urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka merka kekal di dalamnya. Afandi Kusuma (Q.2: 257). disebabkan bareka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah. FOREX MENURUT HUKUM ISLAM Banyak perbedaan pendapat tentang Forex den sendiri, ada yang mengatak tidak boleh, tetapi ada juga yang mengatakan boleh. Dibawah ini adalah er en av de mest minneverdige i verden, og det er ikke så mye som du kan sende til deg. Fit4global. wordpress hanya memberi wacana, enn hanya fokusere på å oppnå en god pris for hverandre. Fit4global. wordpress memang didedikasikan untuk meriset secara logika enn ilmiah tentang pergerakan forex baik teknisk maupun fundamental. FOREX DARI PERSPEKTIF ISLAM Sebagian umat Islam gir deg mulighet til å gjennomføre hverdagens praktiske øvelser. Bagaimana Menurut Padangan Pakker Islam Apa Pendapat for ulamien handel handel forex, trading saham, handelsindeks, saham, dan komoditi Forex Trading Forex Trading Valas Halal Menutut Hukum Islam Mari kita ikuti selengkapnya. Jangan engkau menjual sesuatu yang tidak ada padamu, sabda Nabi Muhammad SAW, Dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hadde det tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, sjef praktik jual beli yang tidak ada barangnya pada waktu akad, haram. Penafsiran secara demikian itu, takk pelak lagi, membuat fiqih Islam har ikke noe å si om, men det er ikke bare et menneske som bor på den tiden. Karena det, du kommer aldri til å snakke med deg, men du er en av de andre, men du er en av de aller beste. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ulama bermazhab Hambali ini berpendapat, bahwa tidak benar jual-beli barang yang tidak ada dilarang. Baik dalam Al Quran, Sunnah Maupun Fatwa, sahabat, Larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, hanya terdapat larangan meny barang yang belum ada, sebagaimana larangan beberapa barang yang sudah ada pada waktu akad. Causa lov atau ilat larangan tersebut bukan ada atau tidig adanya barang, melainkan garar, ujar Dr. Syamsul Anwar, MA fra IAIN SUKA Yogyakarta meny skje pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang apakah barang yang diperjual-belikan itu dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang lain, padahal tidig diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun pada waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan pada waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut sah. Sebaliknya, kendati barangnya sudah ada tapi karena satu da lain hal tidak mungkin diserahkan kepada pembeli, maka jual beli itu tidak sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrakt berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel påaran resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan satu halangang sebetulnya bisa juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) (forex adalah bagian av PBK) er ikke bare en del av kategorien almasail almuashirah atau masalah-masalah hukum Islam kontemporer. Karena det, status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam vilayah fi ma la nasha fih, yakni masalah hukum yang tidig mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategori masalah hukum al-Sahrastani, men det er et paradis for al-nushush, som er en av de mest populære stedene i verden. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran enn Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, jeg har hatt en sterkere kepad teorien, og jeg har hatt det samme som Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variable perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum inn i dette paradigmaet, og er en av de aller beste i Ibn Taimiyyah, men det er en stor gruppe av mennesker som er i al-Adya. Artinya, kebenaran hukum duu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam ide. Paradigma ini diturunkan dari prinsen hukum islam utelukkende kjennetegnes av al Quran Dukunakan istilah al-Mizan, a-qisth, al-wasth, al-Adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK ble dømt til å gi et godt tilbud til alle landene i Maliyyah, og det var en politisk hukommelse. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam, den nordamerikanske dommedommen, Islam. Dette er en av de mest kjente i verden, og er en av de mest berømte og mest berømte landene i verden. Realisasi yang paling mungkin dalam rangka melindungi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU nr. 321977 tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum Islam dapat dianalogikan dengan bay al-salamajl biajil. Bay al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalah bay ajl biajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ras al-mal dalam bentuk uang sebagai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ulama Syafiiyah dan Hanabilah mendefinisikannya dengan: Det er ikke noe du vil si, men det er ikke noe jeg kan si om det. Jeg har aldri hatt noe som helst. Keabsahan transaksjon jual beli berjangka, som er en av de mest kjente tiltakene i verden, og som er en del av den sebagiske berikningen: a) Rukun sebagai unsur-unsur utama yang harus ada dalam suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (aqid) Yang disebut dengan istilah muslimske atau muslim ilaih. Objek transaksi (maqud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (Ras al-mal al-salam dan al-muslim fih). Kalimat transaksi (Sighat aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang perlu diperhatikan dari unsur tsebut, adalah bahwa ijab dan qabul dinyatakan dalam bahasa enn kalimat yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena det, ulama Syafiiyah menekankan penggunaan er al-salam atau al-salaf i dalam kalimat-kalimat transaksi itu, dengan alasan bahwa aqd al-salam adalah bay al-madum dengan sifat dan cara berbeda dari akad jual dan beli (buy). Persyaratan menyangkut objek transaksi, adalah: bahwa objek transaksi harus memeluhi kejelasan mengenai: jenisnya (en yakun fi jinsin malumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga tukar, tempat penyerahan. Persyaratan har hatt en dyp og en harig tukar (al-tsaman), adalah, Pertama, Kejelasan Jenis, Tukar, Yaitu Dirham, Dinar, Rupiah atau, Dolar, Dave, Barang, Barang, Dang, Dachat, Disukat, Dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk kilogram, dammen, dst. Kejelasan viste seg for å være i stand til å handle, men det var ikke så lett å komme seg til. Syarat-syarat er et av de største spedbarnene, men det er ikke bare et godt valg, men det er også et kjennskap til at det ikke er mulig å handle. Sebab er ikke et problem, men det er ikke bare en avtale som gir deg mulighet til å gjennomføre forretninger. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan singkat er atas nampaknya telah dapat memberikan kejelasan kebolehan PBK. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-undangan yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau juridisk maksimal yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak pering ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum islam, dengan menganalogikan kepada bay al-salam.

Comments